• MYCO

3 langkah mendapatkan keselarasan Perencanaan Penjualan dan Keuangan


topdownbottomup

Bottom-up, top-down, & middle-out terkadang seperti ada selusin cara yang berbeda untuk menghasilkan kapasitas penjualan dan pencapaian target, dimana memulai itu semua bisa sangat melelahkan. Penjualan dan keuangan secara keterkaitan memiliki prioritas yang berbeda, tetapi dalam proses perencanaan kedua tim memiliki tujuan yang sama: mengembangkan strategi yang memprediksi dengan hasil yang akurat dalam hitungan bulan, kuartal, atau tahun.

Karena proses ini pada dasarnya adalah kesuksesan sebuah perusahaan, sangat penting bahwa kedua tim selaras dengan perencanaan dan pelaksanaan. Seringkali, mereka dipandang sebagai musuh, meskipun kedua tim memiliki misi yang sama dan hasil yang diinginkan-mencapai angka, menumbuhkan perusahaan. Bagaimana keuangan dan penjualan dapat bekerja sama untuk menghasilkan rencana kedap udara untuk mencapai pertumbuhan di tahun mendatang? Berikut adalah 3 langkah untuk membantu Anda mendapatkan keselarasan:


1. Penentuan Misi dan Tujuan

Perencanaan strategis dimulai dengan penentuan misi untuk organisasi. Tujuan utama organisasi yang telah ditetapkan harus didefinisikan dengan jelas. Perencanaan strategis berkaitan dengan hubungan jangka panjang organisasi dengan lingkungan eksternalnya. Jadi, misi bisnis harus cermat dalam memperkirakan dampak sosial organisasi dan eksternal.


2. Pengambilan Keputusan Strategis

Keputusan strategis kemudian dibuat dan dievaluasi. Setelah itu, keputusan strategis dibuat untuk mengimprovisasi kinerja operasional. Organisasi harus memilih pilihan yang paling sesuai dengan kemampuannya. Misalnya, untuk berkembang, suatu perusahaan harus masuk ke segmen pasar baru atau menjual produk baru namun tetap di pasar yang sudah ada.

Pilihan strategi tergantung pada lingkungan eksternal, persepsi manajerial, sikap manajer terhadap risiko, strategi masa lalu dan kekuatan manajerial juga efisiensi.


3. Implementasi dan Pengendalian Strategi

Setelah strategi ditentukan, strategi itu harus diterjemahkan ke dalam rencana operasional. Program dan anggaran dikembangkan untuk setiap fungsi. Rencana operasional jangka pendek disiapkan untuk menggunakan sumber daya secara efisien. Kontrol harus dikembangkan untuk mengevaluasi kinerja sebagai strategi yang mulai digunakan.

Jika terdapat hasil aktual berada di bawah ekspektasi, strategi harus ditinjau atau dikaji ulang. hal ini dan disesuaikan dengan perubahan di lingkungan eksternal.


Sebagai salah satu perencanaan strategis, penting juga dalam suatu organisasi memliki sistem pencatatan keuangan atau akuntansi yang baik.

Bisa dipastikan, jika alur pencatatan keuangan dalam suatu organisasi tidak baik maka organisasi atau bisnis tersebut tidak akan bertahan lama. Anda bisa mencoba MYCO, MYCO adalah Aplikasi Corporate Performance Management yang terdiri dari beberapa modul, yaitu Budget Planning dan Financial Consolidation. Aplikasi ini dibangun oleh Programmer muda Indonesia, sebagai penantang aplikasi Corporate Performance Management global yang sudah lebih dulu masuk ke pasar Indonesia. Dengan pengalaman yang cukup lama di dunia IT dan didukung oleh penguasaan bisnis proses serta pemahaman budaya kerja lokal, maka aplikasi ini lebih mudah dipahami dan mudah untuk diimplementasikan dibanding kompetitor yang ada.


#MYCO #FICO #BudgetPlanning #CPM #EPM #ERP #datascience #AI #BI #analytics #financialconsolidation #laporankeuangan #productionplanning #budget #budgeting #reporting #financialreporting #professionalservices #demandplanning #software #finance #planning #forecasting #IoT #financialplanning #laporankonsolidasi #laporankeuangankonsolidasi #staysafe #covid #leadership


4 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua