• MYCO

STRATEGIC PLANNING & BUDGETING PERUSAHAAN PART 1

Mustikharima, August 2020


“The planning function includes all managerial activities that ultimately enable an 0rganization to achieve its goals”


Strategic Planning

Meskipun berbeda di antara perusahaan, Planning adalah arah perusahaan selama periode waktu tertentu untuk mencapai hasil yang diinginkan. Planning harus menghubungkan tujuan jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Tujuannya adalah untuk memanfaatkan sumber daya yang tersedia dengan sebaik-baiknya dalam jangka panjang. Budgeting hanyalah salah satu bagian dari Planning. Planning tahunan mungkin didasarkan pada rencana jangka Panjang (long – term). Budgeting tahunan harus konsisten dengan tujuan jangka panjang bisnis.


Tujuan Planning adalah untuk meningkatkan profitabilitas.


Dalam Planning, manajemen memilih tujuan jangka panjang dan jangka pendek dan menyusun rencana untuk mencapai tujuan tersebut. Planning lebih penting dalam manajemen jangka panjang.


Tujuan dari sebuah rencana harus terus dinilai dalam hal tingkat pencapaiannya dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengimplementasikannya. Harus ada umpan balik untuk kemajuan rencana. Yang terbaik adalah berkonsentrasi untuk mencapai target yang lebih sedikit sehingga perhatian yang tepat akan diberikan kepada mereka. Tujuan harus spesifik dan terukur.


Planning adalah sekumpulan detail yang menerapkan strategi. Rencana pelaksanaan biasanya dijelaskan dalam langkah-langkah berurutan termasuk biaya dan waktu untuk setiap langkah.


Fungsi Planning mencakup semua aktivitas manajerial yang pada akhirnya memungkinkan organisasi mencapai tujuannya. Karena setiap organisasi perlu menetapkan dan mencapai tujuan, Planning sering disebut sebagai fungsi pertama dari manajemen. Pada level tertinggi bisnis, Planning melibatkan penetapan strategi perusahaan, yaitu menentukan bagaimana sumber daya bisnis akan digunakan untuk mencapai tujuannya.


Planning juga melibatkan penetapan kebijakan pedoman sehari-hari yang digunakan oleh manajer untuk mencapai tujuan mereka.


“A plan is a detailed outline of activities and strategies to satisfy a long-term objective”

Unsur-Unsur Rencana Meliputi Tujuan, Standar Kinerja, Penilaian Kinerja, Rencana Tindakan, Dan Angka Keuangan


Semua tingkat manajemen harus dilibatkan dalam menyiapkan Budgeting. Harus ada Budgeting untuk setiap pusat tanggung jawab. Tanggung jawab di bidang tertentu harus diberikan untuk perencanaan kepada personel tertentu.


Planning harus mempertimbangkan struktur organisasi, dengan memperhatikan kewenangan dan tanggung jawab. Planning menentukan apa yang harus dilakukan, bagaimana itu harus dilakukan, dan kapan itu harus dilakukan. Planning tersebut harus menentukan sifat masalah, alasannya, kendala, isi, karakteristik, kategori, cara alternatif untuk mencapai tujuan, dan daftar informasi yang diperlukan. Tujuan Planning meliputi kuantitas dan kualitas produk dan layanan serta peluang pertumbuhan.


Planning adalah garis besar aktivitas secara rinci untuk memenuhi strategi yang diinginkan untuk mencapai tujuan. Tujuan seperti itu harus realistis. Planning membutuhkan analisis situasi. Planning tersebut harus menetapkan kriteria evaluatif dan dapat diukur.


Asumsi dari suatu Planning harus ditentukan dan dinilai apakah itu masuk akal. Efek keuangan dari strategi alternatif harus dicatat. Planning harus memungkinkan kreativitas. Planning melibatkan analisis kekuatan dan kelemahan perusahaan dan setiap segmen di dalamnya. Planning diperlukan untuk mengalokasikan berbagai sumber daya ke unit dan program organisasi.


Rencana jangka panjang harus mempertimbangkan peluang baru, persaingan, sumber daya (peralatan, mesin, tenaga kerja), diversifikasi, perluasan, kekuatan finansial, dan fleksibilitas.


Dalam Planning, pertimbangan harus diberikan pada kejadian non-siklus, seperti pengenalan produk atau layanan baru, modifikasi dalam proses manufaktur, dan penghentian produk atau layanan.


Strategic Planning adalah bentuk perencanaan jangka panjang yang didasarkan pada identifikasi dan spesifikasi tujuan dan sasaran organisasi. Kekuatan dan kelemahan organisasi dievaluasi, dan tingkat risiko dinilai. Pengaruh faktor lingkungan diperkirakan menghasilkan strategi terbaik untuk mencapai tujuan organisasi.


Beberapa asumsi Planning harus dibuat pada awal proses Budgeting. Faktor eksternal termasuk kondisi ekonomi umum dan tren yang diharapkan, tindakan peraturan pemerintah, pasar tenaga kerja di lokasi fasilitas perusahaan, dan aktivitas pesaing, termasuk efek merger.


For pdf document, download here.

Strategic Planning part 1 August 2020
.pd
Download PD • 119KB




” In planning, management selects long-term and short-term goals and draws up plans to accomplish those goals.”

to be continue...


#MYCO #FICO #BudgetPlanning #CPM #EPM #ERP #datascience #AI #BI #analytics

#financialconsolidation #laporankeuangan #productionplanning #budget #budgeting

#reporting #financialreporting #professionalservices #demandplanning #software #finance #planning #forecasting #IoT #financialplanning #laporankonsolidasi #laporankeuangankonsolidasi #staysafe #covid #leadership


30 tampilan

© Copyright 2019 - 2020 by MYCO