• MYCO

Tutup Buku Tepat Waktu, Apakah Mungkin? (Bagian 1)

Diperbarui: Mar 6

Menutup buku, apakah itu bulanan, triwulan, atau tahunan, seringkali membutuhkan waktu lebih banyak daripada yang diinginkan perusahaan. Hal ini disebabkan oleh upaya manual yang luas yang diperlukan untuk mengumpulkan, dan memvalidasi data dalam sistem keuangan sebelum laporan dapat diselesaikan. Kurangnya keamanan, kontrol, dan kemampuan kolaborasi yang buruk melalui Spreedsheet (alat yang paling umum digunakan untuk menutup laporan keuangan) semua berkontribusi pada keterlambatan dalam proses.



Namun, semakin cepat tim akuntansi dapat menutup pembukuan dan menghasilkan laporan keuangan yang akurat dan andal, semakin banyak waktu yang dimiliki tim eksekutif untuk menganalisis hasilnya dan membuat keputusan tentang bagaimana memandu perusahaan ke depan. Bahkan, penutupan lapopran keuangan tepat waktu pada hari yang ditentukan akan dianggap sebagai yang paling ditunggu dalam pencapaian akuntansi! Eksekutif akan dapat memperoleh informasi yang paling cepat dan akurat untuk membuat keputusan lebih cepat, dan akuntansi akan dapat bergerak melewati pekerjaan yang membosankan untuk memverifikasi periode transaksi individu setelah periode sebelumnya.

Anehnya, mencapai penutupan laporan keuangan menjadi seimbang di hari yang di tentukan tidak sesulit kelihatannya. Sistem manajemen kinerja perusahaan modern (CPM) dapat membuat mimpi ini lebih dekat dengan kenyataan daripada yang diharapkan. Di bawah ini kami membahas beberapa langkah yang dapat dilakukan organisasi untuk mengurangi waktu mereka dari beberapa minggu menjadi beberapa hari dengan CPM yang dikonfigurasi dengan baik.


Fungsi Konsolidasi Internal

Komponen utama sistem CPM adalah data bawaan dari keseluruhan perusahaan yang akan dikonsolidasikan. Ini dimungkinkan melalui integrasi data otomatis dengan sistem utama, yang membawa semua data keuangan yang relevan ke dalam satu sistem. Ini sangat relevan jika perusahaan Anda menggunakan lebih dari satu sistem GL, Setelah semua data ditangkap di satu tempat, sistem CPM dirancang untuk mengatur data keuangan berdasarkan pada struktur organisasi perusahaan Anda dan menangani transaksi kompleks seperti antar perusahaan dan transaksi internasional. Solusi keuangan tertutup terkemuka di industri bahkan dapat mengkategorikan data berdasarkan properti akuntansi, sehingga data selalu terstruktur dan disajikan dengan cara yang diharapkan oleh para profesional keuangan Anda.

Sistem CPM Anda juga harus dapat memvalidasi transaksi berdasarkan aturan yang dapat dikonfigurasi, sehingga Anda dapat diperingatkan jika ada yang muncul dipertanyakan atau dinonaktifkan. Jika dijalankan setiap malam, kesalahan dapat ditangkap secara real time daripada nanti ketika menjadi lebih sulit untuk mengingat fakta-fakta di sekitar perbedaan. Kemampuan konsolidasi bawaan ini dapat meringankan banyak tenaga kerja manual yang sering menjadi bagian dari proses penutupan sementara pada saat yang sama membangun kepercayaan pada keakuratan data dan hasil akhir.

Sekuritas dan Audit

Periksa kemampuan jejak audit sistem CPM Anda. Jalur audit dapat membantu melacak orang yang tepat ketika suatu masalah teridentifikasi. Daripada bergegas mencari tahu dari mana transaksi berasal atau siapa yang bertanggung jawab, Anda dapat menggunakan jalur audit untuk dengan cepat mengasah pemilik yang sesuai dan menyelesaikan perbedaan dengan cepat. Ini juga dapat membantu mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk menutup laporan keuangan Anda.

Tata kelola data dan kontrol keamanan juga harus menjadi pertimbangan utama untuk konfigurasi CPM Anda. Ini adalah faktor penting untuk memastikan hanya orang yang tepat yang dapat mengakses data sensitif dalam sistem.



#BudgetPlanning #FinancialPlanning #AnggaranPerusahaan #PerformanceBaseBudgeting #Budget #Consolidation #Indonesia


0 tampilan

© Copyright 2019 - 2020 by MYCO