top of page
  • Gambar penulisMYCO

Persepsi terhadap format Chart of Account


Pemanfaatannya untuk penyusunan Laporan Keuangan Konsolidasi

Proses pencatatan kegiatan transaksi pada suatu organisasi dilakukan pada bagian akuntansi. Data data yang terkumpul digunakan untuk menyusun laporan keuangan, Memenuhi fungsi akunting untuk dapat menghasilkan informasi yang benar bagi pengambilan keputusan dilengkapi dengan system Chart of Account (COA), yaitu suatu bagan yang memuat seluruh transaksi pendapatan dan biaya yang dituangkan dalam bentuk kode kode perkiraan. Penyusunan COA disesuaikan dengan kepentingan organisasi untuk dapat memberikan informasi yang berguna untuk kepentingan pembuatan laporan keuangan.



Untuk pembuatan Chart Of Account tidak semudah yang Anda bayangkan. Tentunya dalam pembuatan Chart Of Account ini harus sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku ada di Indonesia:

Ada hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kode akun diantaranya:

  1. Nomor harus dibuat seunik mungkin (artinya setiap nomer hanya dipakai untuk satu akun perkiraan saja).

  2. Akun perkiraan di masukkan kedalam kelompok atau sub kelompok. sebagai contohnya kas, piutang dan peralatan dimasukkan kedalam aktiva lancar.

  3. Perkiraan yang berkaitan hendaknya disusun secara berurutan. Contohnya: piutang dagang dengan piutang lain-lain.

  4. Pemberian nomor usahakan tidak terlalu ketat, karena akan mempermudah jika terjadi penambahan sejumlah akun baru.

  5. Nama akun rekening diharuskan singkat dan jelas.

Masalahnya format COA yang bagaimana agar dapat menghasilkan informasi yang dapat digunakan untuk melakukan pembuatan laporan keuangan konsolidasi serta dapat digunakan sebagai bahan untuk menyusun rencana kerja dan anggaran dari setiap level pada organisasi? Format Chart of Account yang digunakan untuk membuat laporan keuangan konsolidasi disesuikan dengan COA yang saat ini perusahaan gunakan, akan tetapi ada detail-detail yang perlu di tambahkan guna untuk menjadikan COA tersebut akurat dan mengakomodir kebutuhan dalam konsolidasi.


Akan ada penambahan COA baru yang berfungsi untuk mengakomodir kebutuhan konsolidasi, seperti COA terhadap akun-akun afiliasi yang harus di buat detail sehingga mempermudah eliminasi dan menghilangkan eliminasi gabungan.

MYCO Budget Planning & Financial Consolidation Application.


www.myco.co.id


33 tampilan
bottom of page