top of page
  • Gambar penulisMYCO

METODE PENCATATAN INVESTASI SAHAM

Diperbarui: 2 Jun 2022


KRITERIA PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN KONSOLIDASI

Laporan konsolidasi harus disusun jika suatu perusahaan (anak/subsidiary) berada di bawah pengendalian (control) perusahaan lainnya (induk/parent).

Pengendalian dianggap ada jika:

  1. Suatu perusahaan (induk) memiliki, baik secara langsung atau tidak langsung melalui anak perusahaan, > 50% hak suara pada suatu perusahaan lainnya (anak); atau

  2. Suatu perusahaan (induk) hanya memiliki hak suara sebesar 50% pada suatu perusahaan lainnya (anak), namun dapat dibuktikan adanya salah satu kondisi berikut ini:


Pengendalian (control) adalah kemampuan untuk mengatur kebijakan keuangan dan operasional dari suatu perusahaan untuk mendapatkan manfaat dari kegiatan perusahaan tersebut.

Hak Minoritas adalah bagian hasil usaha dan bagian aktiva bersih dari anak perusahaan yang tidak dimiliki, baik secara langsung maupun tidak langsung, oleh induk perusahaan.


PELAPORAN HAK MINORITAS

Pelaporan hak pemegang saham minoritas dalam laporan keuangan konsolidasi adalah sebagai berikut:

  1. Hak pemegang saham minoritas dalam laba bersih dilaporkan sebagai komponen tersendiri dan disajikan sebagai pengurang dari laba bersih konsolidasi sebelum hak minoritas.

  2. Hak pemegang saham minoritas dalam aktiva bersih anak perusahaan dilaporkan sebagai komponen tersendiri dalam neraca konsolidasi. Hak minoritas tersebut disajikan di antara ekuitas dan kewajiban.



Ada dua alternatif metode pencatatan investasi saham yang dapat digunakan, yaitu:

1. Metode Equity (Equity Method)

Dengan equity method, investasi dicacat sebesar harga perolehannya untuk kemudian didebit atau dikredit dengan bagian laba atau rugi perusahaan anak secara proporsional.

Dividen yang diterima dicatat mengurangi perkiraan investasi yang bersangkutan.

2. Metode Cost (Cost Method)

Dengan cost method, investasi dicatat sebesar harga perolehannya, dividen yang diperoleh dicacat sebagai pendapatan lain-lain. Perkiraan investasi jangka Panjang akan dikredit dalam hal terdapat penerimaan dividen yang merupakan pembagian keuntungan atas periode sebelum penyertaan tersebut dilakukan atau jika perusahaan anak menderita kerugian yang sangat materil yang menyebabkan penurunan nilai aktiva dan rentabilitas investee


Dalam Aplikasi MYCO-Financial Consolidation mengakomodir Proses perhitungan ownership dengan metode-metode di atas. Perhitungan ini akan membentuk jurnal secara otomatis.


MYCO Budget Planning & Financial Consolidation Application.


www.myco.co.id


793 tampilan
bottom of page