• MYCO

Hambatan Proses Konsolidasi Keuangan

Diperbarui: 25 Apr


Semakin maraknya peristiwa penggabungan usaha oleh perusahaan dengan tujuan untuk memperbesar modal, persaingan bisnis, memiliki jaringan internasional, serta memperluas dan mempertahankan bisnisnya. Pencatatan keuangan perusahaan yang telah berkonsolidasi menjadi lebih rumit dibandingkan dengan perusahaan yang berdiri sendiri. Dalam pencatatan keuangan konsolidasi, dikenal entitas induk (yang mengendalikan) dan entitas anak (yang dikendalikan). Hasil pembahasan dijelaskan bahwa laporan keuangan konsolidasi adalah lampiran keuangan suatu kelompok usaha yang disajikan sebagai suatu entitas ekonomi tunggal. Laporan keuangan konsolidasi wajib disusun oleh entitas induk atau pengendali tertinggi dalam suatu kelompok usaha.



Menurut Ventana Research, bisnis saat ini membutuhkan waktu lebih lama untuk ditutup daripada lima tahun lalu. Tekanan dari dalam dan luar organisasi mencegah mereka mencapai penutupan keuangan yang efisien.

Hambatan untuk proses konsolidasi keuangan yang cepat dan efektif diakibatkan dari beberapa faktor, diantaranya :


1. Tuntutan Eksternal untuk proses konsolidasi keuangan yang lebih cepat.

Perusahaan menghadapi peraturan yang lebih ketat mengenai tenggat waktu pengajuan, integritas dan pengungkapan bisnis dari pasar keuangan global.

Pelanggan, mitra, karyawan, dan komunitas menuntut lebih banyak transparansi tentang cara kerja internal perusahaan dan bagaimana perusahaan memengaruhi lingkungan tempat mereka beroperasi.


2. Masalah internal

Masalah internal sering menjadi hambatan dalam proses membuat laporan konsolidasi secara cepat, efektif, efisien dan bisa menghasilkan laporan yang sangat akurat.

Beberapa masalah yang paling menonjol adalah sebagai berikut:

  1. Kualitas Data dan Kesalahan Pengumpulan

  2. Rekonsiliasi Antar Perusahaan

  3. Kinerja Aplikasi Konsolidasi yang Lemah

  4. Kurangnya Otomatisasi

  5. Jalur Audit yang Tidak Efisien

  6. Tidak adanya dukungan perubahan dari manajemen

Semua masalah di atas dapat diselesaikan dengan perangkat lunak manajemen keuangan yang tepat. Solusi ini menyimpan semua informasi dalam satu repositori tunggal dan memungkinkan proses konsolidasi dan pelaporan terjadi secara real-time, menghilangkan waktu tunggu yang lama untuk mengirim data bolak-balik.



Pendekatan umum konsolidasi keuangan

Laporan keuangan konsolidasi memberikan pandangan kepada pemangku kepentingan perusahaan tentang perusahaan secara keseluruhan. Secara khusus:

  1. Regulator dan entitas audit bergantung pada sumber ini untuk memeriksa apakah perusahaan mematuhi peraturan dan regulasi yang terikat padanya.

  2. Investor dapat mengandalkan laporan keuangan konsolidasi untuk menilai situasi perusahaan, yaitu, apakah perusahaan itu menang atau kalah di pasarnya, dan bagaimana kegiatan operasi, pembiayaan, dan investasi perusahaan itu dikelola.

  3. Manajer dan eksekutif tingkat tinggi meninjau laporan keuangan konsolidasi untuk mengevaluasi kinerja perusahaan mereka dan mengidentifikasi segmen bisnis bernilai tambah tinggi dan rendah serta potensi risiko dan peluang.

Untuk tujuan konsolidasi, laporan keuangan perusahaan induk dan anak perusahaan perlu disusun dengan tanggal yang sama dan kebijakan akuntansi yang seragam.

Bagaimana tergantung pada situasi dan strategi mereka, perusahaan membuat laporan konsolidasi keuangan dengan cara yang berbeda dan hal yang paling umum adalah dengan menggunakan :

1. Spreadsheet

Pendekatan yang paling umum melibatkan penggunaan spreadsheet untuk secara manual memproses dan mengkonsolidasikan data yang diekspor dari sistem keuangan yang berbeda.

Keuntungannya:

  • Ini adalah solusi tercepat dan termurah dalam jangka pendek

  • Antarmuka pengguna yang familier

Kerugiannya:

  • Kemungkinan besar kesalahan administrasi yang mengakibatkan ketidakakuratan data

  • Masalah dengan kontrol versi

  • Lebih banyak waktu dan uang yang dihabiskan untuk penutupan dalam jangka Panjang

  • Perusahaan bergantung kepada orang (pelaksana).

Untuk perusahaan besar diwajibkan menyediakan laporan konsolidasi, sudah waktunya untuk pindah dan menemukan alternatif lain yang lebih baik selain Excel.

2. Menggunakan sistem ERP

Perusahaan yang mengambil pendekatan ini ingin menggunakan komponen buku besar dari sistem ERP mereka yang ada.

Keuntungannya:

  • Memungkinkan bisnis untuk memanfaatkan teknologi yang ada

  • Tidak memerlukan pelatihan ulang staf untuk menggunakan sistem

Kerugiannya:

  • Mungkin tidak berfungsi dengan baik untuk perusahaan besar dengan banyak sistem ERP dan chart of account yang berbeda-beda.

  • Kemampuan pelaporan terbatas

3. Menggunakan aplikasi khusus

Menggunakan aplikasi yang dibangun khusus untuk membantu proses penyusunan laporan konsolidasi dengan kemampuan untuk bisa terintegrasi dengan ERP yang dipakai oleh perusahaan.

Keuntungannya:

  • Fungsionalitas tingkat out-of-the-box tinggi

  • kemampuan pelaporan yang fleksibel

  • Integrasi yang mudah dengan sistem ERP lainnya

Kerugiannya:

  • Memilih alat yang tepat di pasar yang agak jenuh bisa jadi sulit



Solusi dari Laporan Keuangan Konsolidasi yang dapat membantu bisnis pengguna berkembang lebihcepat adalah Aplikasi Financial Consolidation “MYCO”

Fitur-fitur dari Financial Consolidation adalah:

1. Initial Setup

Konfigurasi awal untuk identifikasi company code, chart of account, chart of account console, dan mapping.

2. Otomatisasi Eliminasi

Proses konfigurasi matrix eliminasi untuk mengotomastisasi akun-akun resiprokal antar afiliasi.

3. Ownership

Fitur yang berfungsi untuk mengidentifikasi persentase kepemilikan dari setiap entitas pemilik.

4. Staging Trial Balance

Mengelola transaksi trial balance yang akan di proses secara rutin untuk keperluan konsolidasi.

5. Jurnal

Mengelola pencatatan bagi segala jenis bukti transaksi keuangan pada perusahaan dalam suatu periode tertentu.

6. Worksheet (Kertas Kerja) yang akurat secara informatif

Mengelola daftar yang terbagi atas kolom-kolom neraca, ayat jurnal penyesuaian dan laporan keuangan yang menyajikan semua data akuntansi yang diperlukan pada akhir periode akuntansi.


MYCO Budget Planning & Financial Consolidation Application.


www.myco.co.id


#MYCO #FICO #BudgetPlanning #CPM #EPM #ERP #datascience #AI #BI #analytics #financialconsolidation #laporankeuangan #productionplanning #budget #budgeting #reporting #financialreporting #professionalservices #demandplanning #software #finance #planning #forecasting #IoT #financialplanning #laporankonsolidasi #laporankeuangankonsolidasi #staysafe #covid #leadership

35 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua