• MYCO

ELIMINASI PADA LAPORAN KEUANGAN KONSOLIDASI

Diperbarui: 2 Jun


Tahukah Anda bahwa ada jurnal eliminasi konsolidasi dalam laporan keuangan? Nah, ternyata jurnal eliminasi konsolidasi tersebut ada pada laporan konsolidasi. Dengan adanya jurnal eliminasi konsolidasi ini akan membantu perusahaan untuk menyajikan transaksi dari pemisahaan perusahaan induk dengan perusahaan anak.


Melakukan Jurnal eliminasi adalah cara perusahaan untuk menciptakan kejujuran dalam menyiapkan laporan konsolidasi. Seringkali jurnal eliminasi ini dibandingkan dengan jurnal umum atau jurnal khusus, namun hal ini sangat berbeda.


Mengingat jurnal eliminasi adalah jurnal yang dibuat secara khusus untuk tujuan menghilangkan, atau mengeliminasi saldo semua rekening timbal balik antara kantor induk dengan cabang. Tujuan dilakukan pencatatan jurnal eliminasi konsolidasi ini supaya perusahaan induk dengan anak yang terlibat dalam transaksi mampu menghitung keuntungan/kerugian yang terjadi karena adanya transaksi tidak wajar.

Secara umum keberadaan laporan keuangan konsolidasi merupakan laporan yang menyajikan hasil saldo operasi dan posisi keuangan. Laporan ini didapat dari dua atau lebih entitas perusahaan terpisah yang menjadi satu secara keseluruhan. Untuk itulah laporan keuangan membutuhkan jurnal eliminasi konsolidasi demi mencapai proses konsolidasi, dengan cara mengeliminasi semua transaksi kepemilikan antar perusahaan pusat dan transaksi antar perusahaan cabang.



Seperti Apa Karakteristik Jurnal Eliminasi Konsolidasi?

Berikut ini ada beberapa karakteristik pada jurnal eliminasi konsolidasi yang bisa Anda ketahui, yaitu:

  • Ayat jurnal eliminasi konsolidasi biasanya terdapat dalam lembar kertas kerja konsolidasi.

  • Adanya penyesuaian total saldo akun dari perusahaan gabungan independen. Sebagai upaya menggambarkan angka yang muncul berasal dari perusahaan independen tersebut secara hukum merupakan satu perusahaan.

  • Ayat jurnal eliminasi konsolidasi hanya akan muncul dan tercatat pada lembar kertas kerja konsolidasi dan tidak mempengaruhi pembukuan perusahaan independen.

  • Adanya tujuan ayat jurnal eliminasi untuk menambah atau mengurangi total saldo gabungan setiap akun, sehingga hanya transaksi dengan pihak eksternal yang akan tercermin dalam data gabungan.

Module Financial Consolidation di dalam aplikasi MYCO memiliki Fitur untuk mengotomasi Jurnal Eliminasi. Untuk bisa melakukan eliminasi secara otomatis, maka terlebih dahulu user harus menkonfigurasi akun-akun yang terlibat dalam eliminasi.

Secara umum ada 3 group akun eliminasi di antaranya :

  1. Investment vs Equity

  2. Account Receivable vs Account payable

  3. Cost vs Revenue

Setiap Akun Eliminasi antar perusahaan yang termasuk kedalam 3 group diatas dipastikan semua rinci, hal ini untuk mendukung pembentukan eliminasi secara otomatis.


Selain itu fungsi ini juga sangat berguna untuk menulusuri angka-angka gabungan yang saat ini masih tergabung dalam satu akun tampungan dan juga memberikan informasi akurat terkait Eliminasi pada Laporan Konsolidasi.


MYCO Budget Planning & Financial Consolidation Application.


www.myco.co.id


#MYCO #FICO #BudgetPlanning #CPM #EPM #ERP #datascience #AI #BI #analytics #financialconsolidation #laporankeuangan #productionplanning #budget #budgeting #reporting #financialreporting #professionalservices #demandplanning #software #finance #planning #forecasting #IoT #financialplanning #laporankonsolidasi #laporankeuangankonsolidasi #staysafe #covid #leadership

83 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua