• MYCO

4 Masalah yang paling sering ditemui dalam membuat laporan keuangan konsolidasi.



4 Masalah yang paling sering ditemui dalam membuat laporan keuangan konsolidasi.


1. Validasi Manual

  • Validasi awal yang harus dilakukan adalah memastikan kode akun dari anak perusahaan yang diterima sudah tercatat.

  • Jika kode akun sudah tercatat tahap kedua harus melakukan pengecekan apakah kode akun ini sudah termapping ke chart of account konsolidasi.

  • Selanjutnya perlu dilakukan pengecekan apakah ada akun baru yang terkait dengan proses eliminasi.

  • Jika ada anak perusahaan menggunakan mata uang yang berbeda, maka perlu dilakukan konversi dengan kurs tertentu (sesuai dengan PSAK yang berlaku).


Selanjutnya, rekonsiliasi manual tidak hanya memperpanjang tahap akhir konsolidasi, tetapi juga meningkatkan beban kerja profesional keuangan, membuat seluruh proses konsolidasi menjadi tidak efektif dan berkualitas rendah.


2. Data Berkualitas Rendah

Saat informasi mengalir dari sumber yang berbeda dan beragam, dibutuhkan waktu untuk dikompilasi. Jika ada kekhawatiran atau pertanyaan mengenai data, maka akan memperpanjang waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan laporan.


Bayangkan jika staf yang bertanggung jawab lupa memperbarui nilai tukar, atau perusahaan induk tidak memeriksa matauang anak perusahaan dan terus memasukkan mata uang anak perusahaan ke dalam laporan akhir, hasilnya akan sangat berbeda.


3. Mengubah Persyaratan Pelaporan

Persyaratan undang-undang dan peraturan kepatuhan terus berubah dan semakin kompleks. Mereka datang tidak hanya dari pemerintah tetapi juga dari kalangan industri.


Perubahan ini juga harus tercermin dalam proses pelaporan, yang juga dapat berarti bahwa proses pelaporan konsolidasi keuangan yang ada menjadi kacau, dan oleh karena itu, mengharuskan personel keuangan untuk memasukkan informasi secara manual.


4. Manipulasi Data

Spreadsheet menawarkan tampilan dan nuansa yang sederhana, dan semua orang dapat mengeditnya. Kebebasan untuk mengubah hampir semua hal dalam spreadsheet adalah akar penyebab berbagai penipuan dan manipulasi data yang telah terjadi berkali-kali di masa lalu, dan bahkan hingga hari ini.


Semua masalah di atas dapat diselesaikan dengan perangkat lunak manajemen keuangan yang tepat. Solusi ini menyimpan semua informasi dalam satu repositori tunggal dan memungkinkan proses konsolidasi dan pelaporan terjadi secara real-time, menghilangkan waktu tunggu yang lama untuk mengirim data bolak-balik.


Perangkat lunak manajemen keuangan canggih juga memungkinkan akses instan yang secara signifikan dapat meningkatkan visibilitas. Misalnya, merger dan akuisisi dalam tahun fiskal dapat dengan mudah ditambahkan ke dalam sistem untuk mencerminkan posisi keuangan bisnis saat ini secara akurat atau untuk memastikan kelangsungan perkiraan tahun ke tahun.


#MYCO #FICO #BudgetPlanning #CPM #EPM #ERP #datascience #AI #BI #analytics #financialconsolidation #laporankeuangan #productionplanning #budget #budgeting #reporting #financialreporting #professionalservices #demandplanning #software #finance #planning #forecasting #IoT #financialplanning #laporankonsolidasi #laporankeuangankonsolidasi #staysafe #covid #leadership

3.771 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua