• MYCO

Pentingnya Laporan Keuangan Konsolidasi


Menurut perusahaan induk yang harus menyiapkan laporan keuangan konsolidasian untuk melaporkan kesejahteraan keuangan perusahaan induk dan semua anak perusahaannya.

Pernyataan-pernyataan ini sering disiapkan dengan menggunakan perangkat lunak konsolidasi keuangan yang mengambil angka-angka keuangan dari masing-masing anak perusahaan dan menggabungkannya ke dalam satu laporan keseluruhan. Karena masing-masing anak perusahaan juga menyiapkan laporan keuangan sendiri yang berdiri sendiri, laporan keuangan konsolidasi mungkin bagi sebagian orang merupakan langkah ekstra yang tidak perlu.

Tetapi apakah ini benar-benar masalahnya?

Analisis tentang pentingnya laporan keuangan konsolidasian mengungkapkan pernyataan-pernyataan ini menawarkan beberapa manfaat bagi investor, analis keuangan, dan lainnya yang mungkin mengevaluasi kesehatan perusahaan induk. Dalam artikel ini, kami akan meninjau laporan keuangan konsolidasi secara lebih rinci termasuk manfaat unik yang mereka tawarkan.


Siapa yang Menyiapkan Laporan Keuangan Konsolidasi?

Laporan keuangan konsolidasian disusun oleh setiap perusahaan induk yang memiliki satu atau lebih anak perusahaan. Sebagai contoh, adalah umum bagi satu perusahaan untuk membeli perusahaan yang lebih kecil yang dapat melengkapi bisnis primer dan membuatnya lebih kuat. Perusahaan yang lebih kecil dapat membantu profitabilitas perusahaan induk sambil juga terus beroperasi sebagai entitas yang terpisah.

Setiap anak perusahaan harus menyiapkan laporan keuangannya sendiri termasuk neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas dan laporan laba ditahan. Informasi ini untuk setiap anak perusahaan kemudian digabungkan dengan menggunakan perangkat lunak konsolidasi untuk membuat laporan keuangan konsolidasi yang mewakili posisi keuangan perusahaan induk.


Bagaimana Laporan Keuangan Konsolidasi Disiapkan

Perangkat lunak konsolidasi keuangan biasanya digunakan untuk menyiapkan laporan keuangan konsolidasi karena tidak sesederhana menjumlahkan laporan keuangan dari masing-masing anak perusahaan. Dalam laporan konsolidasi, transaksi antara anak perusahaan atau anak perusahaan dan perusahaan induk dieliminasi untuk menghindari penghitungan ganda. Misalnya, jika perusahaan induk membeli barang atau jasa dari anak perusahaan, pembelian perusahaan induk dan penjualan anak perusahaan dihilangkan sehingga transaksi ini tidak mengubah angka akhir. Mungkin cukup membosankan untuk melakukan hal ini secara manual tetapi perangkat lunak yang dikonsolidasikan menyederhanakan persiapan laporan akhir.


Manfaat Laporan Keuangan Konsolidasian

Laporan keuangan konsolidasi diperlukan untuk alasan yang baik. Beberapa dari banyak manfaat laporan keuangan konsolidasi meliputi:


> Gambaran Umum – Laporan konsolidasi memungkinkan investor, analis keuangan, pemilik bisnis dan pihak-pihak lain yang berkepentingan untuk mendapatkan gambaran lengkap perusahaan induk. Sepintas, mereka dapat melihat kesehatan keseluruhan bisnis dan bagaimana setiap anak perusahaan berdampak pada perusahaan induk.


> Mengurangi Dokumen – Dengan laporan keuangan konsolidasi, ada juga sedikit dokumen yang terlibat. Jika perusahaan induk memiliki sembilan anak perusahaan, ada 40 laporan keuangan mandiri yang terpisah untuk dilihat yaitu empat laporan keuangan dasar untuk setiap anak perusahaan ditambah perusahaan induk. Tidak hanya akan sulit untuk melacak semua catatan ini, akan sangat sulit untuk melihat masing-masing dan mencoba untuk mendapatkan pandangan keseluruhan tentang bagaimana kinerja bisnis. Laporan keuangan konsolidasi memangkas tumpukan laporan ini menjadi hanya empat laporan konsolidasi. Hal ini menghasilkan lebih sedikit dokumen dan lebih sedikit usaha yang dikeluarkan untuk menilai kesehatan keuangan perusahaan induk.


> Penyederhanaan – Perangkat lunak konsolidasi memotong semua transaksi yang terjadi antara anak perusahaan dan perusahaan induk karena, dalam skema besar bisnis, hal-hal ini saling membatalkan. Menghilangkan transaksi-transaksi ini memberikan pandangan yang disederhanakan tentang kinerja bisnis.


> Pembaruan pada Laporan Keuangan Konsolidasi – Seiring berjalannya waktu, laporan keuangan konsolidasian akan terus berevolusi untuk membuat proses mengevaluasi perusahaan induk menjadi lebih transparan. Salah satu alasan untuk ini adalah bahwa di masa lalu beberapa perusahaan telah menggunakan laporan konsolidasi untuk menyembunyikan kerugian dan kewajiban pada anak perusahaan khusus yang dibuat khusus untuk menyembunyikan masalah keuangan ini. Dewan Standar Akuntansi Keuangan dan Dewan Standar Akuntansi Internasional secara teratur meninjau kembali definisi dan persyaratan untuk laporan konsolidasi untuk menjadikannya lebih andal dan lebih mudah digunakan.


KESIMPULAN: Laporan keuangan konsolidasi dapat menjadi kompleks untuk dipersiapkan, terutama untuk perusahaan induk yang mencakup banyak anak perusahaan. Namun, perangkat lunak konsolidasi telah membuat persiapan lebih mudah dan sesuai kebutuhan standar perusahaan.


© Copyright 2019 - 2020 by MYCO